Catatan Media

Aneh, Kini PDIP Menggoreng Isu HAM

By  | 

RMOL. Isu pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) yang ditujukan kepada bakal capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dinilai sebagai bagian dari permainan politik yang baru-baru ini dihembuskan kubu oleh PDI Perjuangan bersama partai koalisinya.

Demikian disampaikan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dari Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara kepada redaksi beberapa saat lalu, Kamis (8/5)

Igor menegaskan, isu HAM yang dihembuskan untuk mendiskreditkan Prabowo pada pemilu 2014 bukanlah hal baru. Pasalnya PDIP dan Gerindra dipastikan akan berseberangan karena mengusung capres yang berbeda.

“Itu bukan hal baru lagi. Saat Megawati menggandeng Prabowo sebagai cawapres di pemilu 2009, isu HAM untuk mendiskreditkan Prabowo tidak muncul gencar saat itu,” ujar dia.

Menurut Igor, PDIP dan Gerindra yang mengusung capres sendiri-sendiri dan tidak berkoalisi membuat wacana isu HAM atas Prabowo jelang pilpres 2014 semakin kuat.

“Ibarat kue bolu yang dikukus berulang-ulang untuk disajikan pada publik yang sebenarnya sudah bosan. Karena isunya hanya itu-itu saja,” ketunya.

Igor menuturkan menampilkan kembali wacana lama seperti isu HAM, malah mengindikasikan bahwa Prabowo adalah figur kuat dalam pemilu Presiden 2014.

Oleh karenanya, daripada berusaha menggembosi lawan politik lewat pengkaitan isu-isu masa lalu, Igor menyarankan pada PDIP untuk lebih mengangkat isu-isu politik masa depan lewat program yang jauh lebih penting dan mendesak. [rus]