Seputar Prabowo

Dawam Rahardjo : Pemikiran Prabowo Orisinil, Revolusioner dan Tidak Anti Kritik

By  | 

Mantan Rektor Universitas Islam 45, Prof. DR. M Dawam Rahardjo, masuk dalam cendekiawan yang mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Dia mengatakan, sosok Prabowo mewarisi sifat ayahnya yang juga begawan ekonomi, Soemitro Djojohadikusumo.

Dawam menceritakan awal perkenalannya dengan Soemitro saat membaca disertasi Soemitro di Universitas Leiden, Belanda. Saat itu, ia merasa bahwa disertasi tersebut seharusnya diterbitkan dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

“Saya yang memberikan kata pengantar dalam buku itu. Saya mengkritik pemikiran beliau (Soemitro),” kenang Dawam saat memberikan testimoni di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (27/5/2014).

Dawam tak menyangka bila kritiknya tersebut membuat Soemitro mendatangi kantornya. Ketika itu Dawam menjabat sebagai Direktur Lembaga Penelitian Pendidikan Penerapan Ekonomi dan Sosial (LP3ES). Di situlah awal perkenalan Dawam dan Soemitro. Ia menyebut Soemitro sebagai sosok yang terbuka terhadap kritik. “Saya melihat sikap itu ada pada Prabowo, terbuka terhadap kritik,” ujarnya.

Dawam juga menyebut Prabowo memiliki pemikiran yang besar, orisinil, dan revolusioner. Sikap terbuka itu, kata dia, berkebalikan dengan bakal calon presiden lain.

“Di antara calon presiden yang lain, saya melihat tidak terbuka karena merasa dirinya paling hebat. Ini berkebalikan dengan Prabowo. Indonesia ke depan di tangan Prabowo sangat tepat,” kata Dawam. (kompas.com)