Berita

KH Hasan Abdullah Sahal : Blue Shoe Can’t, Sepatu Biru Ngga Bisa Apa Apa

By  | 

Mediaprabowo.com – Menjadi Viral Cuplikan Rekaman Ceramah dari KH. Hasan Abdullah Sahal, Pengasuh Pondok Modern Gontor, yang berbicara tentang bahaya penjajahan, dan menekankan pentingnya pesantren sebagai benteng bangsa indonesia. benteng umat islam dari pengaruh kekafiran dan penjajahan.  Kyai yang penggemar sepak bola dan pernah bertemu dengan bintang arsenal Mezut Ozil ini menyampaikan pidato dengan berapi-api namun pada petikan akhir pidatonya terselip kata yang membuat hadirin dan netizen tertawa karena cukup surprise dan lucu.

Berikut video dan transkripnya :

Pesantren berdiri berabad abad, Untuk membentengi bangsa Indonesia, membentengi umat Islam, dari pengaruh-pengaruh kekafiran. Dan dari pengaruh penjajah dan penjajahan. Kalau ada Kyai tapi tidak anti penjajah dan penjajahan, itu Kyai palsu, Kalau santri ada santri tidak anti penjajahan? Itu santri palsu. Kalau pesantren tidak anti penjajahan, Itu pesantren?? Yang dijawab hadirin dengan “Pesantren Palsu”.

Kyai Sahal juga meneruskan: Kita ini akan dijajah nak! Sedang dijajah nak. Dan akan dijajah kembali! Subahanallah. Dengan caranya masing masing oleh kaum Lan Tardho..

Kya Sahal menambah: Saya datang ke sini, Silaturahim, silatul a’mal. Silatul Aro (tukar ide). Silatul Informasi.
Bukan Silatul.. sepatu biru ngga bisa apa apa .. Blue Shoe Can’t … (Blusukan) (aw/kng)