Berita

Komunitas Disabilitas Dukung Prabowo-Hatta dengan Main Catur dan Rally Tongkat

By  | 

BANDUNG – Ratusan penyandang tunanetra yang tergabung dalam Komunitas Disabilitas Tunanetra Jawa Barat melakukan aksi unik sebagai bentuk dukungan mereka kepada pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Mereka menggelar pertandingan catur dan rally tongkat.

Aksi rally tongkat dilakukan beberapa ratus meter dekat Posko Pemenangan Prabowo-Hatta di Jalan Ir Djuanda (Dago) Kota Bandung. Sedangkan beberapa orang lainnya memainkan catur di area yang biasa dijadikan kegiatan deklarasi di posko pemenangan.

Tak ada perbedaan berarti saat mereka bermain catur dibandingkan dengan orang yang bisa melihat. Bedanya hanya terdapat pada bidak catur. Pada bagian bawah bidak terpasang semacam kayu kecil untuk menahan agar tetap menempel pada papan. Sebelum memindahkan bidak, mereka memilih satu per satu bidak untuk dipindahkan.

“Ini cara kami untuk memberikan dukungan. Kami melakukan cara unik. Setiap orang kan memiliki cara berbeda,” kata Koordinator Komunitas Disabilitas Tunanetra Jawa Barat, Wahyu Hidayat, Jumat (27/6/2014).

Ia menjelaskan alasan mengapa komunitas tersebut mendukung Prabowo-Hatta. Pasangan nomor urut 1 itu memiliki perhatian pada kaum disabilitas. “Itu terlihat dari debat capres beberapa waktu lalu, disabilitas disebut-sebut. Itu sudah otomatis ada perhatiannya,” ungkapnya.

Komunitas tersebut terdiri dari banyak organisasi tunanetra, seperti Persatuan Tunanetra Indonesia, Ikatan Tunanetra Muslim, dan Ikatan Alumni Wyataguna.

Ia berharap jika terpilh nanti, Prabowo-Hatta benar-benar memperhatikan kaum disabilitas. “Kami ingin mendapat perhatian di bidang kesehatan, kesejahteraan, lapangan kerja, dan fasilitas publik,” pungkasnya.

Sementara selain dari Komunitas Disabilitas Tunanetra Jawa Barat, beberapa komunitas dan organisasi juga mendeklarasikan dukungan mereka, di antaranya Yayasan Ukhuwah Islamiyah, Rumah Relawan Indonesia, Komunitas Ibu Rumah Tangga, dan Jaringan Masyarakat Tani Jawa Barat.
(ton – okezone.com)