Berita

Logo Garuda Merah Prabowo-Hatta Tak Masalah Digunakan

By  | 

SUKABUMI- Hangatnya perbincangan mengenai logo garuda merah di kalangan politikus di tanah air membuat pengamat politik dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Widyapuri Mandiri Sukabumi, Wan Irawan ikut angkat bicara.

Menurutnya, tak ada masalah kubu Prabowo-Hatta menggunakan logo garuda merah, asalkan tidak sama persis dengan logo garuda yang digunakan sebagai simbol negara. Sebab menurutnya, logo garuda yang menjadi lambang Indonesia itu memiliki ketentuan seperti ukuran pada sayap dan buntutnya.  Kalau lambang negara itu sayapnya ada ukurannya. Buntutnya ada ukurannya. Lambangnya ada 17, 8, 45. Kalau tidak seperti itu, berarti tak jadi masalah untuk digunakan, ujarnya kepada Radar Sukabumi.

Wan Irawan mengatakan, logo garuda memang diatur secara ketat dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta lagu kebangsaan. Namun menurutnya, logo garuda itu bukanlah Garuda Pancasila yang merupakan lambang negara RI, karena gambarnya tidak mencantumkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Di logo garuda merah itu tidak ada semboyannya sebagaimana diatur dalam Pasal 1 UU Nomor 24 Tahun 2009, Garuda Pancasila menggunakan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, ucapnya.

Wan menambahkan, logo garuda yang dipakai pasangan capres Prabowo-Hatta itu tidak menyerupai Garuda Pancasila, karena yang terlihat hanya merah berbentuk garuda, berbeda dengan ciri Garuda Pancasila dalam UU tersebut. Ini juga diperkuat dengan Pasal 46 UU Nomor 24 Tahun 2009 yang menyebutkan Garuda Pancasila memiliki ciri menoleh ke kanan dan di lehernya tergantung perisai berupa jantung. Namun logo garuda yang  dipakai Prabowo-Hatta tidak sama dengan Lambang Garuda Indonesia, jadi tidak masalah kalau digunakan, pungkasnya.(jay – radarsukabumi.com)