Visi Prabowo

Mengenal Ekonomi Kerakyatan Prabowo Subianto

By  | 

Ekonomi kerakyatan adalah visi yang terus diusung dan diperjuangkan Prabowo Subianto demi kemaslahatan seluruh rakyat. Saat tampil dalam kontestasi Pemilu 2009 lalu, hal ini pula yang diusung Prabowo Subianto bersama Megawati Soekarnoputri.

Ketika itu, Mantan Komandan Jenderal Kopasus ini bahkan menawarkan delapan program aksi salah satunya mencabut Undang-undang Badan Hukum Pendidikan karena aturan ini membuat perguruan tinggi negeri menjadi mahal.

Seperti diungkapkan Prabowo dalam bukunya, Membangun Kembali Indonesia Raya, Haluan Baru Menuju Kemakmuran (Institut Garuda Nusantara, Maret 2009), masalah penjadwalan kembali pembayaran utang luar negeri perlu diprioritaskan. Dia tegas mengatakan, pembayaran utang luar negeri seharusnya dialihkan sebagai modal untuk membiayai program pendidikan, kesehatan, pangan, serta energi yang murah, dan ramah lingkungan.

Prabowo menolak penerapan kapitalisme pasar bebas, yang disebutnya sebagai sebuah ideologi kapitalisme tanpa batas. Kapitalisme model ini bisa membahayakan dirinya sendiri. Hal ini terbukti dari krisis finansial global yang terjadi sekarang, di mana negara-negara maju terus terperangkap dalam krisis.

Karena itu, Prabowo mencoba mengedepankan ide kapitalisme yang terbatas melalui ekonomi kerakyatan. Prabowo juga berkomitmen jika nantinya terpilih untuk memimpin Indonesia, tim ekonomi yang akan dipilih adalah yang memiliki paham ideologi ekonomi kerakyatan.

Tim itu mulai ahli pertanian, kehutanan, dan lainnya yang menjadi potensi kekuatan sumber daya Indonesia. “Namun, bukan berarti tim ini yang akan menjadi menteri sebab menteri adalah hak prerogatif presiden,” ujarnya.

Untuk itu, reformasi birokrasi sangat diperlukan guna mewujudkan pemerintahan yang efisien. Prioritas utama saat ini adalah bagaimana menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Menurut Fadli, inilah salah satu cara untuk menurunkan angka kemiskinan. Kemudian terobosan-terobosan yang mampu membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Salah satu manifestasi ide ekonomi kerakyatan Prabowo adalah pembukaan lahan baru bagi petani. “Misalnya membuka lahan sawah sebesar 2 juta hektare, ada kedaulatan pangan dan energi. Seperti membuka lahan untuk menanam aren 4 juta hektare. Ini juga menyerap tenaga kerja sekaligus menjawab permasalahan energi alternatif. Ini didanai kerja sama pemerintah dengan swasta,” katanya dalam suatu kesempatan.

Comments are closed.