Berita

Prabowo Berharap Pencak Silat Masuk Olimpiade

By  | 

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Prabowo Subianto, berharap pencak silat dapat menjadi salah satu mata olahraga yang dapat dipertandingkan di kejuaraan olimpiade. Untuk itu, perlu upaya pengenalan pencak silat secara meluas di seluruh dunia.

“Saat ini sudah lebih dari 50 negara yang mengikuti pencak silat. Kita harap pencak silat menjadi salah satu mata olahraga yang dipertandingkan di Seagames dan Olimpiade,” kata Prabowo saat membuka kejurnas pencak silat di Padepokan IPSI Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (11/5/2014).

Bakal calon presiden Partai Gerindra itu bangga karena masih banyak masyarakat yang ingin memajukan pencak silat yang menjadi salah satu warisan budaya bangsa. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang ikut andil dalam kejuaraan ini.

Prabowo mengatakan, pencak silat mengajarkan nilai-nilai luhur pendekar yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Namun sayangnya, nilai itu kini banyak ditinggalkan. “Pendekar itu harus jujur, pendekar mengajarkan untuk tidak menjadi koruptor, dan pendekar mengajarkan masyarakat untuk tidak menjadi penipu,” ujarnya.

Prabowo menambahkan, pencak silat seharusnya dapat menjadi ekstrakulikuler wajib yang diajarkan di sekolah. Ia pun berjanji akan mewujudkan itu jika nantinya menjadi presiden terpilih pada pemilu presiden mendatang.