Visi Prabowo

Prabowo-Hatta Bakal Kembangkan Energi Terbarukan

By  | 

SENAYAN — Pasangan calon presiden-calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa bakal mengembangkan energi alternatif untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil.

Tim sukses Prabowo-Hatta Kardaya Wamika mengatakan, sebanyak 95% suplai energi di Indonesia berasal dari energi fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas.

“Sisanya lima persen yang memanfaatkan energi terbarukan,” ucapnya dalam seminar Solusi Permasalahan Energi Nasional yang digelar Indonesian Resources Studies (Iress) di gedung Nusantara V MPR RI, Kamis (19/6).

Padahal sumber energi fosil tidak bisa diperbaharui dan perlu waktu ratusan tahun untuk membentuk kembali. Sedangkan energi terbarukan bisa diperoleh dari alam. “Energi terbarukan mini hidro banyak terdapat di Sumatra dan Sulawesi, seperti aren, kemiri dan kelapa sawit,” tambahnya.

Salah satu yang dimanfaatkan yakni cangkang kelapa sawit. Sebelumnya cangkang kelapa sawit dianggap tidak bermanfaat, sampai dilirik dan dibeli Cina. Cangkang kelapa sawit bisa dibakar untuk dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. “Pengembangan bio energi harus digalakkan,” ucap Kardaya.

Di samping itu, pihaknya akan konsen pada pembenahan program subsidi BBM. Saat ini subsidi BBM dinilai terlalu memberatkan negara, masih ada penyelundupan dan tidak tepat sasaran.

Menurutnya, subsidi bukan hak tapi pemberian negara. Agar tepat sasaran, nantinya pemerintah bakal menyeleksi siapa saja yang diberi subsidi berdasarkan kesejahteraan atau penghasilan rakyat. Pemerintah bakal mengeluarkan kartu pulsa untuk beli BBM di SPBU bagi warga yang memenuhi syarat.

“Akan ada jatah berapa liter per bulan. Sehingga perkiraan kami subsidi bisa turun 50 persen,” imbuhnya.

Sementara dari sektor energi gas, pihaknya akan fokus pemanfaatan gas untuk listrik, industri dan rumah tangga. Dan bukan untuk kendaraan. “Gas bukan untuk kendaraan pribadi, mestinya untuk kendaraan umum yang trayeknya pasti,” jelas Kardaya. (republika.co.id)