Visi Prabowo

Prabowo Mengingatkan Tantangan Ledakan Penduduk

By  | 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyatakan Indonesia memiliki tantangan untuk menghadapi ledakan penduduk. Saat ini, Indonesia memilik 243 juta penduduk yang setiap tahun naik 1,6 persen.

“Menurut data BPS, setiap tahun jumlah penduduk kita naik 1,6 persen,” kata Prabowo di Jakarta, Kamis (30/5/2013).

Prabowo mengatakan, setiap sepuluh tahun ada keberadaan entitas masyarakat Indonesia baru sekitar 6 kali jumlah penduduk Singapura. Setiap sepuluh tahun, pertumbuhan penduduk Indonesia setara dengan penduduk Malaysia saat ini.

“Dalam 20 tahun ke depan, Indonesia akan memiliki 76 juta mulut baru untuk diberikan makan. Akan ada tantangan untuk menyediakan rumah, klinik, rumah sakit, pekerjaan dan terpenting makan,” katanya lagi.

Jika bangsa ini tidak bisa mengendalikan pertumbuhan penduduk melalui program keluarga berencana, jelasnya, kesenjangan antara jumlah orang yang membutuhkan makan dan jumlah makanan yang dapat dihasilkan meningkat.

“Sejarah mengajarkan kepada kita bahwa krisis pangan dapat menyebabkan kestidakstabilan, pergolakan dan disintegrasi bangsa,” pungkasnya.