Catatan Media

Saan: Kampanye Jokowi Banyak yang Tidak Penting

By  | 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Sekjen Partai Demokrat Saan Mustopa mengkritik kampanye yang dilakukan Joko Widodo. Menurutnya banyak kampanye yang dilakukan Joko Widodo tidak penting.

“Yang muncul adalah kampanye tidak penting, yang ada itu ‘blusukan’, kalau (Jokowi) ditanya platform jawabannya Aku Ora opo-opo (red. aku tidak apa-apa),” ujarnya di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Jumat (4/4/2014).

Menurut Saan, jawaban yang terlontar dari mulut Jokowi tersebut saat kampanye sama sekali tidak memberikan informasi apa-apa ke masyarakat.

Karena itulah lanjut Saan dirinya mengimbau jangan sampai suasana politik usai pemilu ditentukan karena faktor ketokohan.

Saan menjelaskan, pencapaian elektabilitas berdasarkan tokoh dan bukan karena visi-misi partai, adalah suatu hal yang mengkhawatirkan jika terjadi dalam jangka panjang.

“Ini tantangan semua pihak, jangan sampai suasana politik kita ditentukan oleh faktor ketokohan. Ketokohan dalam jangka pendek itu pragmatis, dalam jangka panjang tu mengkhawatirkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu ia juga menjelaskan, faktor ketokohan muncul karena partai gagal melakukan kaderisasi. Sehingga yang dilakukan partai adalah menjual ketokohan kader untuk meningkatkan elektabilitas, dan bukannya menjual visi-misi.

Comments are closed.