Berita

Soal Cawapres, PPP Percayakan kepada Pilihan Prabowo

By  | 

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy mengatakan, partainya tidak akan mengajukan calon wakil presiden dan menyerahkan sepenuhnya kepada bakal calon presiden Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Tidak mengajukan siapapun, karena PPP menyerahkan sepenuhnya soal Cawapres ini kepada Prabowo. Beliau yang akan menjadi mitranya selama lima tahun, jadi beliauhlah yang tahu,” kata pria yang akrab disapa Romi itu, Jumat 916/5/2014).

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) dalam rapat kerja nasional yang berlangsung pada Rabu (14/5), memutuskan berkoalisi dengan Partai Gerindra dan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dalam pemilihan presiden 2014. PAN kemudian mengajukan Ketua Umumnya Hatta Rajasa sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo.

PAN merupakan partai kedua setelah PPP yang secara resmi mengumumkan berkoalisi dengan Partai Gerindra untuk mengusung Prabowo Subianto.

Sementara PPP merupakan partai pertama yang mengumumkan dukungan secara resmi untuk berkoalisi dengan Partai Gerindra mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden melalui rapat pimpinan nasional PPP di Jakarta pada 10 – 12 Mei 2014.

PPP dalam rapimnas yang digelar di Jakarta tersebut, tidak memutuskan satu nama untuk diajukan menjadi calon wakil presiden bagi Prabowo Subianto.

Nama Hatta Rajasa sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto menguat, seiring dengan pengunduran diri Hata sebagai Menteri Koordinator Perekonomian.

Sesuai dengan ketentuan UU tentang Pemilihan Presiden, menteri harus mengundurkan diri bila ingin berkompetisi dalam pemilihan presiden. Hatta saat melapor pengunduran dirinya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, didampingi Prabowo.

Meski demikian, Prabowo Subianto mengatakan, deklarasi calon wakil presiden akan diumumkan setelah diajukan dalam forum koalisi yang mengusung dirinya. (tribunnews.com)