Berita

Waspada, Utang Luar Negeri Indonesia Diambang Batas

By  | 

Utang luar negeri (ULN) Indonesia dinilai telah mendekati ambang batas waspada. Pemerintah harus mewaspadai rasio utang luar negeri yang terus meningkat per tahunnya.

Dalam rilis resmi Bank Indonesia (BI), peningkatan ULN Indonesia tercatat lebih dari enam persen pada tahun kemarin. Hal itu dinilai sudah mendekati ambang batas waspada.

“Utang luar negeri kita mencapai USD300 miliar. Bila dikonversikan ke rupiah mencapai Rp4.205 triliun,” kata Pengamat Ekonomi Hardy Hermawan, dalam diskusi ‘Lampu Kuning Utang Luar Negeri’ Populi Center dan Smart FM Network, di Gado-Gado Boplo, Jalan Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/1/2016).

Menurut Hardy, ambang batas waspada utang luar negeri sebesar 51 persen dari total produk domestik bruto (PDB). Saat ini, ULN Indonesia masih berada di kisaran 42 persen dari total PDB.

Namun, yang cukup mengkhawatirkan, kemampuan Pemerintah Indonesia dalam membayar utang luar negeri cenderung melemah. Sehingga harus menjadi perhatian serius dari pemerintah.

“Meski utang luar negeri kita di tenor jangka panjang, kita harus tetap waspada, karena rentan terjadi fluktuasi nilai tukar,” pungkas Herdy. (sumber : metrotvnews.com)