Opini

Yang Memposting Survey Palsu Gallup Ternyata..

By  | 

MEDIAPRABOWO.COM Pada Tanggal 24 Juni 2014 kemarin, di website ireport CNN diunggah sebuah artikel berjudul Indonesians Predict Prabowo Will Be Next Indonesia President, yang melaporkan hasil Survey Gallup Indonesian Poll dimana tingkat elektabilitas Capres nomer urut satu Prabowo Subianto 52% meninggalkan capres no urut dua Joko Widodo dengan 41%. Publik di Media Sosial menjadi ramai karena diketahui bahwa posting survey tersebut adalah tiruan dari berita gallup.com yang berjudul Americans Predict Obama Will Be Next U.S. President, yang diterbitkan pada 16 Juni 2008Media online dan media televisi pun beramai-ramai memberitakan survey palsu ini dengan berbagai opini di dalamnya.

ireport CNN ini sendiri adalah kanal jurnalisme warga, seperti layaknya kompasiana milik kompas, sehingga setiap orang yang sudah mendaftar akan dapat mengunggah artikel yang ditulisnya.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Indonesia Strategis, Bobby Maengkom, menduga, fenomena itu bisa jadi merupakan konspirasi untuk mengganggu elektabilitas Prabowo-Hatta, yang terus menanjak. Karena, dengan terbongkarnya survey palsu ini dimungkinkan dapat membentuk persepsi negatif, seolah-olah kubu Prabowo merekaya survey untuk mengunggulkan capres cawapres yang diusungnya. Ada Skenario agar publik meragukan hasil survei-survei yang menunjukkan keunggulan Prabowo,” lanjut Bobby, seperti diberitakan RMOL.

Pada artikel itu terdapat kesalahan tulis yang terlalu mencolok, seperti, What tips the balance of national opinion more strongly in favor of Prabowo is that, by a nine-percentage point margin, independents join Prabowo coalitions party in believing Obama is likely to win. Kata OBAMA dan Gallup Poll inilah yang memantik rasa penasaran pembaca, sehingga merujuk ke website resminya dan menemukan isi artikel tersebut adalah merupakan artikel suntingan. Artikel tersebut menyunting berita Gallup Polling tentang Hasil Survey Obama pada Pemilihan Presiden Amerika Serikat pada tahun 2008, dengan susunan redaksional dan gambar grafik yang identik pula.

Siapa Yang Memposting Survey Palsu Tersebut?

Pengunggah survey palsu tersebut menggunakan akun bernama beritabisnis. Kabarnya CNN telah menendang akun beritabisnis, yang telah membuat 19 artikel, dari daftar Jurnalis Warga ireport. Dan CNN juga membantah keberpihakan media tersebut kepada Prabowo Subianto. Tentu Hal ini akan menjadikan komoditas empuk media mainstream yang memihak kubu Jokowi untuk menyerang Kubu Prabowo dengan opini merekayasa survey.

Menariknya akun beritabisnis ini membuat artikel serupa mengenai Jokowi Sebagai kandidat Gubernur DKI Jakarta,  pada 14 September 2012, berupa hasil survei yang menunjukkan Jokowi unggul  atas Fauzi Bowo. Artikel yang berjudul  Joko Widodo would gather 72.48 percent of the total vote in the runoff masih bisa anda lihat di halaman web archive http://web.archive.org/web/20130808042516/http://ireport.cnn.com/docs/DOC-841486. Sedangkan artikel dari akun beritabisnis mengenai hasil survey prabowo dapat anda lihat melalui halaman web archive http://web.archive.org/web/20140624123906/http://ireport.cnn.com/docs/DOC-1147010.

Gallup Indonesia Poll adalah lembaga survey tidak pernah terdengar di telinga publik indonesia, Kalaupun pelaksanaan surveynya baru, tentulah ada rilis resmi dari lembaga survey yang bersangkutan, bukan melalui kanal jurnalisme warga. Sedangkan kata Obama yang bersanding dengan kata prabowo dalam satu kalimat yang menggambarkan prabowo jelas sebuah keganjilan yang luar biasa. Terlepas dari motivasinya artikel ini merugikan kubu Prabowo. (aw)